Langsung ke konten utama

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari / Sprint/ Speed Sepakbola 2016

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari / Sprint dalam Sepakbola
Training Speed - Kecepatan merupakan faktor yang penting di dalam sepakbola. Seorang pemain yang memiliki kecepatan yang baik, akan mempunyai nilai tambah yang berharga dalam permainannya. Beberapa posisi bahkan mengharuskan pemain untuk memiliki kecepatan yang baik seperti bek sayap, penyerang sayap, dan striker.

Memang untuk menjadi pemain sepak bola yang handal, haruslah mempunyai kemampuan kecepatan dan ketahanan fisik yang handal disamping kemampuan skill dalam memainkan bola dan strategi permainan. Kecepatan adalah suatu komponen terpenting bagi pemain sepak bola. Apalagi jika posisinya berada di ujung tombak atau straiker yang sering menerima umpan-umpan ke depan. Dia harus berpacu dengan kecepatan lari dengan pemain bertahan musuh yang akan merebut bola.

Baca Juga: Trik Rahasia Kekuatan Dribbling Bola Solo Run Lionel Messi 2016
Berbeda dengan sprinter, pemain sepakbola tidak akan berlari sampai jarak 100 meter. Jarak sprint terjauh yang dilakukan pemain sepakbola saat pertandingan hanya berkisar antara 10-20 meter. Maka dari itu, akselerasi menjadi hal yang paling penting bagi kecepatan pemain sepakbola. Bagaimana untuk dapat mencapai kecepatan maksimal dalam waktu singkat.
Berikut adalah beberapa cara untuk melatih kecepatan dalam sepakbola.
- Sebagai permulaan, berlatih dengan melakukan sprint sejauh 10-20 meter baik untuk membiasakan tubuh anda untuk melakkan akselerasi cepat. Jangan sekedar berfokus pada kecepatan, tapi pikirkan juga cara berlari anda. Lakukan gerakan yang efisien sehingga tidak ada tenaga yang terbuang sia-sia. Jika anda bersama rekan setim, maka buat menjadi lebih menarik dengan saling beradu cepat.
- Lakukan latihan dengan menggunakan speed ladder. Latihan ini baik untuk melatih otot kaki anda untuk dapat mengeluarkan ledakan dalam waktu singkat serta melatih koordinasi.

- Berlari dengan menggunakan parasut juga merupakan cara untuk meningkatkan kecepatan lari anda. Latihan ini akan melatih otot anda dengan membuatnya bekerja melawan hambatan.

- Meski tujuan kita adalah kecepatan, jangan lupakan latihan kekuatan. 
Bagaimanapun juga kaki dapat bergerak dengan cepat akibat kerja otot yang menggerakannya. Maka tidak mungkin anda dapat berlari cepat tanpa otot yang kuat. Jangan juga berfikiran bahwa hanya otot kaki yang penting untuk dilatih, berlari bukan sekedar pekerjaan otot kaki. Tetap latih seluruh otot tubuh anda agar tubuh anda tetap seimbang. Meski tentu saja, porsi latihan yang diberikan kepada otot kaki tentu lebih banyak dibandingkan yang lainnya.
Update Terbaru 2016
Latihan-latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan pemain sepak bola adalah:



A. Lakukan pemanasan secara dinamis sebelum pelatihan

Sebelum melakukan latihan, lakukan pemanasan antara 10 – 15 menit. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan fisik dan kelenturan tubuh anda pada saat melakukan latihan. Pemanasan dapat mengurangi resiko cedera.

B. Gerakan inti latihan kecepatan

Bagaimanakah cara meningkatkan kecepatan gerak?

Kecepatan gerak seseorang dapat dilatih dan ditingkatkan melalui latihan-latihan yang intensif dan terprogram.

Berikut ini bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan gerak.


  1. Lari cepat dengan jarak 40 sampai 60 meter
  2. Lari dengan mengubah-ubah kecepatan (Dari  lambat dipercepat secara mendadak, kemudian melambatlagi, dipercepat lagi, dan seterusnya)
  3. Lari sprint berulang-ulang lima kali dengan jarak 10 meter
  4. Lari sprint berulangulang tiga kali dengan jarak 20 meter
  5. Lari sprint berulang-ulang dua kali dengan jarak 25 meter
  6. Lari naik turun bukit
  7. Lari menaiki tangga.



Latihan ini dapat dilakukan seminggu tiga sampai lima kali dan menambah kecepatan sprint. Latihan dapat dilakukan tidak atau sambil menggiring bola.

Untuk menjadi pemain sepak bola yang handal tidaklah terlepas dari kemampuan yang di sebut dengan DK5, yaitu daya tahan tubuh, kekuatan, kelentukan, kecepatan, dan kelincahan. Kelima faktor ini harus dimiliki para pemain untuk mengembangkan ke posisi puncak. Dari kelima faktor tersebut yang menarik untuk dikaji  adalah faktor kecepatan dan kelincahan. Meski kecepatan dan kelincahan ini dapat dibentuk dari dalam diri (pembawaan) atau dari luar diri (karena mampu mengkombinasikan dari segala teknik yang dimiliki).

Bila  teknik dasar di atas didukung dengan kelincahan dan kecepatan, maka semakin sempurna kemampuan seseorang. Sebagai contoh, kita lihat saja bintang-bintang sepak bola dunia Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi. Keduanya, memiliki skill dan kecepatan di atas rata-rata, pengolahan dengan dan tanpa bolanya begitu memikat dan ditunjang dengan kelincahan dan kecepatan yang dimilikinya, meski sedang berada di depan sendirian mereka sangat sulit dihentikan oleh pemain bertahan lawan.

Tak dapat dipungkiri dalam permainan sepak bola, factor kecepatan ini menjadi masalah bagi siapapun pesepakbola saat ini. Pergerakan yang lambat menjadi kelemahan paling menonjol bagi pemain sepak bola. Untuk memperoleh kelincahan dan kecepatan dalam bermain sepakbola dengan baik diperlukan daya tahan yang baik pula. Semakin seseorang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka semakin mudah pula kelincahan dan kecepatan itu diperoleh. Daya tahan, kelincahan dan kecepatan bisa didapatkan dengan melakukan  latihan yang rutin dan terprogram.

* Diolah dari berbagai sumber.

Sekian update informasi kali ini semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda semua. Salam Sepakbola.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prediksi Bola: Italia vs Uruguay, 24 Juni 2014 | Live ANTV | World Cup

Bursa Prediksi Skor Pertandingan Italia vs Uruguay, 24 Juni 2014 | Piala Dunia Brasil Sepak-bola-id.blogspot.com - Dua tim yang sebelumnya diunggulkan, Gli Azzuri dan La Celeste akan melakoni laga hidup mati Grup D FIFA World Cup yang di jadwalkan pada hari Selasa, 24 Juni 2014, pukul 23.00 WIB di Arena das Dunas, Natal, Rio Grande do Norte yang akan disiarkan secara langsung di ANTV. Bigmatch laga terakhir ini dipastikan seru karena merupakan laga penentuan bagi keduanya untuk merebutkan satu tiket sisa ke babak 16 besar. Satu tiket sudah dipastikan milik tim kejutan Kosta Rika yang pada pertandingan sebelumnya mengalahkan dua tim mantan juara dunia ini. Italia masih mengandalkan ketajaman Balloteli dan umpan matang Pirlo. Sementara Uruguay sudah diperkuat top score Liga Inggris musim ini, Luis Suarez yang pada pertandingan sebelumnya mencetak brace ke gawang Inggris. Jika Italia bermain loyo seperti saat dipecundangi Kosta Rika karena tidak biasa bermain dicuaca panas maka Uruguay a

Foto Paling Bersejarah di Jagat Sepakbola yang Wajib Kamu Lihat!!

Manchester United’s Class of ’92 Galeri Foto Bersejarah Dalam Dunia Sepakbola yang Bakal Bikin Kamu Terpukau Sepak-bola-id.blogspot.com - Banyak banget moment unik dan penuh kontroversial sepakbola setiap laganya akan tetapi dari yang banyak itu hanya sebagian yang akan tetap di kenang sepanjang sejarah dunia sepakbola. Apa sajakah foto foto bersejarah itu? Berikut dikutip dari bolahore.com  20 Foto bersejarah sepanjang massa dalam sepakbola dunia yang perlu kamu lihat sebelum kamu mati: 1. Gol David Beckham Dari Tengah Lapangan   Sebuah gol spektakuler David Beckham dari tengah lapangan ke gawang Wimbledon musim 1996/97. 2. Scorpion Kick Dari Kiper Kolombia   Kiper Kolombia, Rene Higuita melakukan aksi akrobatik “Scorpion Kick” dalam pertandingan melawan Inggris tahun 1995. 3. Selebrasi Sergio Agero Setelah Mencetak Gol dan Membawa City Juara Liga Inggris   Sergio Aguero mencetak gol penentuan yang membawa membawa City juara Liga Inggris. Sampai hari ini, momen ini tidak aka

Cara Nonton Piala Dunia 2014 di Parabola Meski Diacak

Piala Dunia Brasil Tips Cara Menyaksikan Piala Dunia 2014 dengan Receiver Parabola Meski Diacak Sepak-bola-id.blogspot.com -  FIFA World Cup Piala Dunia 2014 akan segera berlangsung mulai 12 Juni sampai 13 Juli 2014 di Brazil . Tapi para penikmat Sepakbola harap-harap cemas tidak bisa nontok karena hampir pasti siarannya bakal diacak TV Nasional sehingga para fans masih terus ingin mencari solusi untuk menyaksikan Laga paling bergengsi di seluruh dunia tersebut, Piala Dunia Brazil 2014 Update: Sudah admin coba ternyata tidak bisa. Langsung saja streming diwebsite luar negeri disini: Daftar Situs Web Live Streaming World Cup 2014 Lancar dan Ngebut! Stasion Televisi ANTV dan TV One Resmi Tayangkan Piala Dunia FIFA 2014 Brasil Para Penyedia Layanan TV berbayar mulai menawarkan tawaran untuk mebeli atau ikut belangganan, sementara dari TV lokal masih ada TV One dan Antv yang memiliki hak siar piala dunia, namun pasti itu akan diacak. Jadi peluang untuk menyaksikan dengan Antv dan TV