Langsung ke konten utama

Berbagai Posisi Pemain Sepakbola yang Jarang Terdengar

Mengenal Berbagai Posisi Pemain Sepakbola yang Jarang Terdengar

Sepak-bola-id.blogspot.com - Mungkin bagi sebagian orang, posisi dalam sepak bola hanyalah kiper, bek, gelandang, sayap dan striker. tetapi bila kita telaah lebih jauh, begitu banyak sub-posisi yang ada dalam sepakbola. Setiap posisi memiliki peran dan tugasnya masing-masing, berbagai posisi tersebut tidak terpaku hanya dalam satu formasi yang digunakan. Berbagai posisi untuk berbagai formasi.

KEEPER!
foto-foto-gianluigi-buffon-
Gianluigi Buffon
 Posisi yang sangat sentral dalam permainan sepakbola, dimana seseorang yang menjadi orang terakhir di garis pertahanan sebuah tim sepakbola. bertugas untuk menahan gempuran dari serangan-serangan lawan. Mental yang kuat serta Tehnik yang tinggi menjadi hal yang begitu penting untuk dapat menjadi kiper yang hebat. Kesiapan serta konsentrasi pada pertandingan menjadi kunci seorang kiper dalam menjalani pertandingan. Bila sedikit saja lengah dan melakukan kesalahan, itu akan menjadi suatu hal yang fatal.
Sweeper Keeper!
Overall, tugasnya sama seperti kiper biasa. Tetapi dalam pengaplikasian di lapangan, kiper dengan posisi seperti ini cenderung agak menyerang. Dia akan berani lebih kedepan, mencoba keluar dari zona area kiper bila ada bola lawan yang berhasil lolos dari zona pertahanannya dan ia akan langsung menyapu bola tersebut. Tidak asal sapu, tetapi dia akan lebih mencoba melakukan umpan panjang kedepan, sehingga tim-nya dapat langsung melakukan counter attack. Tetapi posisi seperti ini agak riskan, sebab sedikit saja blunder. sedikit saja dia lamban menghalau bola, akan fatal akibatnya.
SWEEPER
  • Sweeper
Sebuah posisi yang mulai sudah ditinggalkan di era modern, bisa juga disebut sebagai stopper, posisi ini biasa digunakan ketika formasi dengan 3 atau 5 bek bertahan. Sweeper berada dibelakang 2 orang central defender, Dia menjadi orang terakhir sebelum pemain lawan berhadapan langsung dengan kiper. Tugas utamanya adalah untuk mengamankan bola sebelum berhadapan dengan kiper dan menyapu bola lawan sehingga menjauh dari area pertahanan.
  • Libero
franz-beckenbauer
Franz Beckenbauer
Tugasnya hampir sama dengan sweeper, Hanya saja seorang Libero diberikan kewenangan lebih ketika menguasai bola. Ketika bertahan, dia akan berada di belakang 2 central defender layaknya seorang sweeper, Tetapi ketika menyerang, dia akan diberi tugas untuk dapat memberikan umpan-umpan kedepan, terutama kepada para gelandang. Untuk itu tidak hanya tehnik mendasar bertahan, seorang libero dituntut untuk dapat memiliki passing serta umpan-umpan panjang yang akurat. Dengan tugas yang ‘sedikit’ menyerang seperti ini, Libero harus ditemani oleh 2 central defender yang dapat menutupi celah pertahanan ketika dia ikut membantu penyerangan.
DEFENCE CENTRE!
  • Central Defender
gambar-kapten-MU-Nemanja-Vidic
Nemanja Vidic
Normalnya dia merupakan seorang pemain bertahan, ditugaskan untuk dapat mengamankan area pertahanan dari serangan lawan. Biasanya dia ditempatkan bersama seorang central defender yang lain. Bahu-membahu agar gawang mereka tidak kebobolan oleh pemain lawan.
  • Limited Defender
Seorang central defender yang ditugaskan untuk dapat memenangkan duel-duel udara dan mengamankan bola. Untuk itu, seorang limited defender dituntut memiliki badan ang tinggi besar, sangat kuat dan sangat aggresif.
  • Ball Playing Defender
Bisa dikatakan seorang Libero di era modern, bagaimana tidak? tugasnya sama seperti seorang libero. Diberikan kewenangan untuk dapat menguasai bola dan mendistribusikan bola kedepan, terutama kepada para gelandang. Tetapi bedanya, seorang BPD bisa bermain diposisi 2 bek bertahan. tidak seperti libero yang dimainkan di 3 bek bertahan.
DEFENCE SIDE ( LEFT/RIGHT )
  • Full Back
0 philipp lahm bayern munich barcelona
Philip Lahm
Fullback ditugaskan untuk mengamankan zona sayap pertahanan, zona permainan mereka dibatasi, mereka akan cenderung memberikan bola kepada rekannya yang lebih kreatif. baik ditengah maupun didepan. Disamping bertahan, Seorang fullback dituntut untuk dapat membantu penyerangan ketika penyerangan tim sudah mulai buntu ketika mencoba menyerang dari tengah.
  • Wing Back
Seorang bek sayap yang difokuskan untuk membantu penyerangan. Tetapi disamping itu, wing back juga bertugas untuk membantu pertahanan, ketika counter attack lawan, seorang wingback diharuskan untuk berada di area pertahanan secepat mungkin. Untuk itu, dibutuhkan stamina, speed dan fisik yang mumpuni untuk menjadi seorang wingback.
DEFENSIVE MIDFIELDER CENTRE!
  • Defensive Midfielder
Merupakan lapisan pertama pertahanan. Sebelum pemain lawan lebih jauh memasuki zona pertahanan, seorang defensive midfielder harus dapat memotong serangan lawan atau secepat mungkin merebut bola. ketika ia sedang menguasai bola, ia cenderung memberikan bola kepada rekan-nya yang lebih kreatif untuk dapat memulai serangan.
  • Deep Lying Playmaker
Andrea Pirlo
Andrea Pirlo
Dibutuhkan kreativitas, passing serta crossing yang baik untuk dapat memerankan posisi ini. Ditempatkan lebih belakang dibanding Central Midfielder, gunanya agar pemain yang berposisi disini dapat melihat sekeliling, sehingga ia dapat dengan jeli mendistribusikan bola kedepan. Layaknya seorang libero yang membutuhkan centre back untuk mendampingi permainan, seorang deep lying playmaker pun membutuhkan rekan yang dapat membantu dia ditengah.
  • Anchor Man
Seorang Defensive Midfielder yang lebih defensive. menjadikan dirinya sebagai garis pertahanan pertama, berani melakukan duel-duel di lini tengah, mematahkan serangan lawan serta cepat merebut bola ketika lawan mulai memasuki garis pertahanan.
MIDFIELD CENTRE!
  • Central Midfielder
Seorang yang bertugas untuk menjaga keseimbangan antara penyerangan dan pertahanan.  Disaat dia ditugaskan untuk bertahan, dia akan tetap berada di posisinya dan membuat lini tengah tetap stabil. Ketika menyerang, dia akan merangsek maju kedepan untuk membantu penyerangan. Tidak ada spesialisasi khusus untuk dapat bermain diposisi ini, karena untuk dapat bermain di posisi ini dibutuhkan daya bertahan dan daya menyerang yang sama baiknya.
  • Box-to-Box Midfielder
Yaya Toure
Yaya Toure
Seorang Box-to-Box Midfielder merupakan penyambung antara lini belakang ke tengah, lini tengah ke depan. Dibutuhkan kerja keras serta stamina yang baik untuk dapat bermain bagus di posisi ini. Gerakan ‘off the ball’ yang baik pun harus dimiliki. Pemain seperti ini bisa menjadi alternatif ketika lini depan tim sedang berada di kebuntuan mencetak gol. Mereka bisa tiba-tiba berada di kotak penalty lawan untuk melakukan shooting. Gerakannya pun dibatasi, mereka hanya perlu melakukan first touch yang penting.
  • Ball Winning Midfielder
Ketangguhan, kerja keras serta tackling yang baik adalah beberapa aspek penting untuk dapat bermain diposisi ini. Ball Winning Midfielder diharuskan memiliki kemampuan Defending dan Attacking yang seimbang. ketika bola berada di lawan, dia harus cepat-cepat mengambil bola tersebut, melakukan passing ke rekan-nya untuk melakukan counter attack yang cepat.

Mengenal lebih jauh berbagai posisi dalam sepakbola! ( Part II )
Bila pada bagian pertama, kami hanya menjabarkan tentang beberapa posisi saja, dibagian kedua ini kami akan melanjutkan untuk memberikan sedikit penjelasan tentang berbagai posisi yang dalam sepakbola.
MIDFIELD RIGHT/LEFT!
  • Winger
Winger merupakan reprentasi dari pemain-pemain yang memiliki speed cepat, stamina kuat serta driblling yang memikat. Tetapi pemain ini juga dituntut untuk bisa memiliki crossing yang akurat, rata-rata winger digunakan oleh tim-tim yang memainkan counter-attacking dengan mengandalkan kecepatan winger akan lebih mudah untuk dapat melakukan serangan balik yang cepat.
  • Defensive Winger
Role yang sedikit memusingkan, ketika kita mendengar kata ‘defensive’ yang ada dibenak kita adalah pertahanan. dan ketika kita mendengar kata ‘winger’ yang ada dibenak kita yaitu seorang pemain yang memiliki karakter menyerang. Tapi itulah sepakbola, semua pemain dituntut untuk dapat bertahan maupun menyerang sama baiknya. untuk posisi defensive winger, posisinya hampir sama seperti wing back. Jika dibutuhkan untuk menyerang, dia akan menyerang melalui sayap dan memberikan crossing-crossing akurat ke daerah kotak penalty dan ketika dia dibutuhkan untuk bertahan, dia akan berada di bagian sayap pertahanan untuk membantu mengamankan bola ketika memasuki daerah pertahanannya. Dituntut stamina, akselerasi dan gerakan  offtheball yang bagus untuk bisa bermain di posisi ini.
  • Wide Midfielder
Sebuah role posisi yang mulai agak ditinggalkan di sepakbola masa kini, zona area permainan seorang wide midfielder berada diantara defensive winger dan winger. Mereka mendampingi para central midfielder untuk mengawal lini tengah agar tetap stabil. Mereka dituntut untuk dapat melakukan pertahanan dan serangan sama baiknya.
  • Inside Forward
arjen_robben_fcbm
Arjen Robben
Bisa disebut sebagai winger yang rajin menusuk kedalam pertahanan lawan. Posisi seperti ini diinstruksikan untuk dapat meneror pertahanan lawan lewat sisi sayap, dengan dribbling yang mumpuni serta skill kelas atas merupakan pelengkap seorang pemain yang bermain di posisi ini. Dia pun diinstruksikan untuk dapat melakukan shooting-shooting jarak jauh dari area sayapnya. Bila seorang pelatih menempatkan 2 inside forward di kedua sayap penyerangan, akan mengakibatkan kurangnya pemanfaatan lebar lapangan. Untuk mengakalinya, dibutuhkan fullback yang rajin membantu penyerangan. Seperti contoh bagaiman Philip Lahm serta David Alaba menusuk ke area sayap ketika Ribery atau Robben melakukan tusukan ke tengah atau Jordi Alba atau Dani Alves yang membantu kinerja Alexis Sanchez atau Pedro Rodriguez.
ATTACKING MIDFIELDER!
  • Attacking Midfielder
Tugasnya diharuskan untuk mencari dan mendapatkan ruang kosong di zona area second line serta menusuk ke area penalty lawan jika diharuskan, dia juga harus membantu para striker dan menjadi opsi selanjutnya ketika ada kebuntuan mencetak gol. Rajin melakukan Long Shoot terarah menjadi bagian terpenting juga dari seorang AM .
  • Advanced Playmaker
zinedine-zidane-186708867-2512820
Seseorang yang dituntut untuk dapat mengatur ritme permainan. Dia akan banyak mencari ruang kosong didepan pertahanan lawan untuk dapat menerima bola serta mendistribusikannya ke area atau zona pertahanan lawan. Terkadang dia pun akan mencari ruang kosong didaerah penalty lawan untuk dapat melakukan shooting. lebih tepatna dia akan melakukan ‘ Come from second line ‘
  • Trequartista
Dia adalah seorang ‘penyerang sepertiga lapangan’ , tetapi posisi bakunya ia adalah seorang attacking midfielder atau second striker. Bisa dikatakan juga dia dalah seorang Deep Lying Playmaker versi menyerang. Dia dituntut memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga ia dapat membuat peluang bagi rekannya untuk menciptakan gol atau bahkan dia sendiri yang menciptakan gol lewat gerakan-gerakan off-the-ballnya yang memang sangat dibutuhkan.
STRIKER!
  • Deep Lying Forward
Seseorang yang diinstruksikan bermain di posisi ini, cenderung bergerak menjemput bola. Untuk sekedar menahan bola, lalu memberikannya kembali kepada rekannya yang ada dibelakang atau mendistribusikan kepada rekan-nya yang bergerak maju membantu penyerangan. Dia ditugaskan juga untuk banyak membuka ruang di depan, sehingga para pemain dari second line dapat merangsek masuk ke daerah pertahanan lawan untuk  mencetak gol.
  • Target Man
Filipo Inzaghi
Pippo Inzaghi
Seorang pemain depan yang dituntut untuk dapat melakukan duel-duel udara. Dengan keunggulan fisiknya dia akan memberikan terror tersendiri bagi para pemain bertahan lawan. Seorang target men, dituntut harus memiliki tehnik hold up ball yang bagus karena lebih mudah untuk mendistribusikan bola ke area sayap. Lalu ia kembali berlari menuju daerah penalty lawan untuk dapat menerima crossing-crossing dari sayap, lalu menciptakan gol.
  • Poacher
Seorang Poacher dituntut untuk banyak bergerak di daerah penalty lawan. Gerakan-gerakan off-the-ball yang ia lakukan akan membuat pecah konsentrasi lawan. Selain itu seorang poacher juga dituntut untuk memilih positioning yang tepat saat di area penalty lawan dan dapat memanfaatkan peluang sedikitpun untuk mencetak gol.
  • Defensive Forward
Defensive Forward dibutuhkan ketika kita berhadapan dengan tim yang jauh lebih kuat, yang memiliki kualitas jauh diatas tim kita. Dibutuhkan seorang striker yang mau turun kebelakang pertahanan serta cepat maju kedepan bila timnya sedang melakukan penyerangan. dibutuhkan stamina dan fisik yang kuat untuk bermain diposisi ini karena dituntut untuk terus mobile. Bila seorang Defensive Forward dipasangkan seorang diri maka dia membutuhkan support dari second line dan jika ia dipasangkan dengan striker lain, maka ia ditugaskan untuk mensupport striker yang menjadi partnernya.
  • Complete Forward
Didier DROGBA
Didier Drogba
Dari namanya saja sudah pasti kita tahu, bahwa role ini adalah seorang penyerang yang komplit. Ketika dia harus bermain seorang diri, ia tahu apa yang harus dilakukan. begitupun jika ia diduetkan dengan striker lain maka ia tidak akan canggung. Dia harus memiliki atribut yang sama rata, ketika ia harus berduel dengan pemain lawan layaknya seorang Target Man atau mencoba mencari ruang kosong seperti seorang poacher. Harus fasih dilakukan pemain yang diinstruksikan bermain di posisi ini.
  • Advanced Forward
Seorang Advanced Forward biasanya pandai memanfaatkan celah-celah offside trap yang gagal dari para pemain bertahan lawan. Ia akan cenderung memanfaatkan bola-bola terobosan yang diberikan para gelandang, untuk melakukan teror-teror tertentu di zona area pertahanan lawan. Posisi ini biasanya diplot sebagai titik fokus penyerangan timnya. Dia akan menjadi seorang antagonist bagi pertahanan lawan.
Mungkin penjabaran diatas tidak begitu detail, tetapi melihat dari penjelasan point-point diatas, bahwa sepakbola itu kaya akan segala hal. terdapat berbagai unsur yang terkadang kita tidak dapat langsung cerna. Tetapi jika kita mencoba lebih mau untuk mencari serta memahami apapun yang berhubungan tentang sepakbola. Anda akan mendapatkan keunikan dan passion mengenai sepakbola!

Sumber: http://soccermonsterid.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prediksi Bola: Italia vs Uruguay, 24 Juni 2014 | Live ANTV | World Cup

Bursa Prediksi Skor Pertandingan Italia vs Uruguay, 24 Juni 2014 | Piala Dunia Brasil Sepak-bola-id.blogspot.com - Dua tim yang sebelumnya diunggulkan, Gli Azzuri dan La Celeste akan melakoni laga hidup mati Grup D FIFA World Cup yang di jadwalkan pada hari Selasa, 24 Juni 2014, pukul 23.00 WIB di Arena das Dunas, Natal, Rio Grande do Norte yang akan disiarkan secara langsung di ANTV. Bigmatch laga terakhir ini dipastikan seru karena merupakan laga penentuan bagi keduanya untuk merebutkan satu tiket sisa ke babak 16 besar. Satu tiket sudah dipastikan milik tim kejutan Kosta Rika yang pada pertandingan sebelumnya mengalahkan dua tim mantan juara dunia ini. Italia masih mengandalkan ketajaman Balloteli dan umpan matang Pirlo. Sementara Uruguay sudah diperkuat top score Liga Inggris musim ini, Luis Suarez yang pada pertandingan sebelumnya mencetak brace ke gawang Inggris. Jika Italia bermain loyo seperti saat dipecundangi Kosta Rika karena tidak biasa bermain dicuaca panas maka Uruguay a

Foto Paling Bersejarah di Jagat Sepakbola yang Wajib Kamu Lihat!!

Manchester United’s Class of ’92 Galeri Foto Bersejarah Dalam Dunia Sepakbola yang Bakal Bikin Kamu Terpukau Sepak-bola-id.blogspot.com - Banyak banget moment unik dan penuh kontroversial sepakbola setiap laganya akan tetapi dari yang banyak itu hanya sebagian yang akan tetap di kenang sepanjang sejarah dunia sepakbola. Apa sajakah foto foto bersejarah itu? Berikut dikutip dari bolahore.com  20 Foto bersejarah sepanjang massa dalam sepakbola dunia yang perlu kamu lihat sebelum kamu mati: 1. Gol David Beckham Dari Tengah Lapangan   Sebuah gol spektakuler David Beckham dari tengah lapangan ke gawang Wimbledon musim 1996/97. 2. Scorpion Kick Dari Kiper Kolombia   Kiper Kolombia, Rene Higuita melakukan aksi akrobatik “Scorpion Kick” dalam pertandingan melawan Inggris tahun 1995. 3. Selebrasi Sergio Agero Setelah Mencetak Gol dan Membawa City Juara Liga Inggris   Sergio Aguero mencetak gol penentuan yang membawa membawa City juara Liga Inggris. Sampai hari ini, momen ini tidak aka

Cara Nonton Piala Dunia 2014 di Parabola Meski Diacak

Piala Dunia Brasil Tips Cara Menyaksikan Piala Dunia 2014 dengan Receiver Parabola Meski Diacak Sepak-bola-id.blogspot.com -  FIFA World Cup Piala Dunia 2014 akan segera berlangsung mulai 12 Juni sampai 13 Juli 2014 di Brazil . Tapi para penikmat Sepakbola harap-harap cemas tidak bisa nontok karena hampir pasti siarannya bakal diacak TV Nasional sehingga para fans masih terus ingin mencari solusi untuk menyaksikan Laga paling bergengsi di seluruh dunia tersebut, Piala Dunia Brazil 2014 Update: Sudah admin coba ternyata tidak bisa. Langsung saja streming diwebsite luar negeri disini: Daftar Situs Web Live Streaming World Cup 2014 Lancar dan Ngebut! Stasion Televisi ANTV dan TV One Resmi Tayangkan Piala Dunia FIFA 2014 Brasil Para Penyedia Layanan TV berbayar mulai menawarkan tawaran untuk mebeli atau ikut belangganan, sementara dari TV lokal masih ada TV One dan Antv yang memiliki hak siar piala dunia, namun pasti itu akan diacak. Jadi peluang untuk menyaksikan dengan Antv dan TV